Berita Detail

Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Barat

Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Barat

  • Admin
  • Senin, 16 Maret 2020
  • 109

 

Bupati Kabupaten Pesisir Barat dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Bpk Syamsu Hilal, S.Sos., membuka kegiatan Forum Gabungan (Forgab) Perangkat Daerah yang dilaksanakan di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut pada hari Rabu-Kamis tanggal 11 dan 12 Maret 2020. Beliau menyampaikan bahwa Forum Gabungan (Forgab) Perangkat Daerah yang dilaksanakan saat ini, merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021. Hal tersebut sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang No 25 tahun 2004 dan Permendagri nomor 86 tahun 2017. Proses penyusunan dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah dilaksanakan secara bersama-sama antara seluruh perangkat daerah sehingga dapat tercipta sinkronisasi antara dokumen rancangan awal RKPD. Tujuannya agar tercipta sinergitas antara perencanaan pembangunan nasional Provinsi dan Kabupaten hingga Pekon serta menyesuaikan program dan kegiatan dengan kemampuan fiskal daerah.

Kepala Bappeda yang diwakilkan oleh Bapak Sekretaris Eka Chandra, SK, MM., yang dalam kegiatan ini berperan sebagai tuan rumah kegiatan Fogab, menyampaikan bahwa forum gabungan ini merupakan lanjutan dari pelaksanaan beberapa kegiatan. Kegiatan yang dimaksud diantaranya adalah Forum konsultasi publik yang telah dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2020, serta kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat tahun 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 18-27 Februari 2020. Selanjutnya pada tanggal 24 Maret 2020 akan dilaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten lalu dilanjutkan dengan pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi Lampung pada awal April 2020 dan diakhiri dengan pelaksanaan Musrenbang Nasioanal pada awal Mei 2020. Dalam sambutannya Asisten II Bpk Syamsu Hilal, S.Sos., menyampaikan pesan Bupati bahwa dalam proses penyususnan dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Pesisir Barat tahun 2020 harus menjadi perhatian bersama terkait beberapa hal berikut:

  1. Program dan kegiatan perangkat daerah agar dapat diarahkan untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.
  2. Program dan kegiatan perangkat daerah juga harus memperhatikan prioritas daerah tahun 2021 yaitu :
  1. Pembangunan infrastruktur pelayanan dasar dan konektivitas wilayah
  2. Pembangunan SDM
  3. Pembangunan ekonomi masyarakat dan potensi unggul daerah
  4. Reformasi birokrasi dan pelayanan publik
  5. Pengelolaan SDA dengan prinsip pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan mitigasi bencana.

Selain dari dua hal tersebut diatas, hal utama yang harus diperhatikan dalam merumuskan kebijakan pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat adalah pencapaian visi Bupati “terwujudnya Pesisisr Barat yang madani, mandiri dan sejahtera” pungkas beliau. Bupati mengingatkan melalui Asisten dua kepada seluruh kepala perangkat daerah dan peserta forum gabungan agar dapat mempergunakan 4 pendekatan perencanaan, sebagai berikut:

  1. Pendekatan teknokratik, dilakukan dengan memperhatikan rancangan tema dan prioritas dalam rancangan awal RKPD serta berpedoman pada dokumen RPJMD dan Renstra serta memperhatikan evaluasi capaian hasil rencana kerja tahun sebelumnya.
  2. Pendekatan partisipatif, dilakukan dengan memperhatikan dinamika Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan, forum gabungan perangkat daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten.
  3. Pendekatan politis, dilakukan dengan memperhatikan pokok-pokok pikiran DPRD.
  4. Pendekatan Bottom up, dilakukan dengan memperhatikan usulan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan. Pendekatan Top down dilakukan dengan memperhatikan tema dan prioritas dari Pemerintah Pusat dan Provinsi.

Dalam penyususnan RKPD dan rencana kerja tahun 2021 ini, perangkat daerah harus lebih mampu menyusun skala prioritas, sebagaiman kita pahami bahwa kemampuan fiskal daerah terbatas dan peningkatannya juga tidak berbandig lurus dengan kebutuhan pelaksanaan program dan kegiatan. Untuk itu kepala perangkat daerah harus mampu merencanakan program dan kegiatan dengan teliti, akuntabel dan berkesinambungan, lanjut beliau. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi program dan kegiatan tahun sebelumnya, masih ditemukan beberapa kelemahan baik dalam perencanaan maupun penganggaran, oleh karena itu pada kesempatan ini pimpinan daerah memberikan penekanan kepada seluruh perangkat daerah sebagai berikut:

  1. Dalam penyusunan program kegiatan yang harus berdasarkan pada filosopi money follow program (anggaran mengikuti program). Semua kegiatan yang direncanakan harus berdasarkan pada program yang telah ditetapkan dalam RPJMD dan Renstra dengan tetap memperhatikan pada fiskal daerah.
  2. Dalam penyususnan suatu kegiatan harus jelas output dan outcome dari kegiatan tersebut. Indikator yng ingin dicapai harus dapat diukur dan dicapai sehingga keberhasilan perangkat daerah dapat terukur dan terevaluasi.
  3. Dalam perumusan kegiatan harus memperhatikan kemampuan keuangan daerah, selanjutnya kegiatan tersebut harus mampu untuk dilaksanakan,dalam artian semua anggaran kegiatan dapat terserap dengan maksimal, dengan catatan kegiatan itu bermanfaat bagi pembangunan daerah dan masyarakt.
  4. Agar memperhatikan sinergitas program dan kegiatan baik didalam perangkat daerah dan antar perangkat daerah Provinsi Lampung dan pemerintah pusat.
  5. Kepada perangkat daerah agar berusaha untuk mencari pendanaan dari sumber non APBD Kabupaten, baik melalui APBD Provinsi dan APBDN. Kepada perangkat daerah agar dapat mempersiapkan usulan dan kelengkapan persyaratan dengan lebih baik sehingga usulan tersebut dapat diakomodir.

Tahun 2021 adalah tahun terakhir dari periode pertama RPJMD Kabupaten Pesisir Barat tahun 2016-2021, harapannya apa yang sudah ditetapkan bersama di awal kepemimpinan dapat terealisasi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Pesisir barat - Lampung Barat, seluruh Kepala OPD, para Camat, dan Peratin se-Kabupaten Pesisir Barat.

Berita Lain

Rapat Paripurna
  • Rabu, 02 September 2020
  • 13

Rapat Paripurna

Persetujuan dan Penandatanganan Kesepakatan Bersama KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2021

Selengkapnya