Berita Detail

Rapat Koordinasi DAK FISIK Tahun 2020

Rapat Koordinasi DAK FISIK Tahun 2020

  • Admin
  • Selasa, 10 Maret 2020
  • 214

Kepala Bappeda Drs. Zukri Amin, M.P. yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Bappeda Eka Candra, S.KM., M.M membuka secara resmi Rapat Koordinasi Dana Alokasi Khusus Fisik Tahun 2020 di ruang Rapat Bappeda, Senin, 10 Februari 2020. Turut hadir dalam acara tersebut, Kabid Pemerintahan dan Sosial Budaya, Kabid Ekonomi dan Prasarana Wilayah, Kabid Penelitian Pengembangan dan Pengendalian, para  Kasubbid, beserta para Staf Bappeda dan Tamu Undangan dari sepuluh Organisasi Perangkat Daerah penerima DAK Tahun 2020, yaitu: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan  Permukiman, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Koprindag, Dinas PP dan KB, dan Dinas Sosial. Serta dihadiri juga oleh Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah dan Dinas Pemuda dan Olahraga terkait perencanaan DAK tahun 2021. Sedangkan untuk Narasumber pada rapat ini adalah Bappeda, Inspektorat sebagai APIP, dan BPKAD.

Dalam Sambutan Kepala Bappeda menyampaikan ruang lingkup pembahasan pada rapat ini adalah hasil Evaluasi capaian dan pelaksanaan DAK tahun 2019, Persiapan pelaksanaan DAK  tahun 2020 serta perencanaan DAK tahun 2021, berdasarkan hasil Evaluasi pelaksanaan DAK tahun 2019 di dapat kesimpulan: (1). Realisasi fisik sebesar 100% dan Realisasi Keuangan sebesar 97%; (2). Permasalahan pada pelaksanaan DAK tahun 2019 yaitu, Juklak Juknis terlambat turun, Proses lelang yang terlambat dan kendala teknis lainnya.

Selanjutnya untuk pelaksanaan DAK Fisik tahun 2020 berpedoman pada: PMK 130/2019 tentang pengelolaan DAK Fisik, Perpres 88/2019 tentang  Petunjuk Teknis DAK Fisik tahun 2020, Peraturan Menteri Negara /Lembaga terkait Petunjuk Operasional DAK Fisik tahun 2020 dan adapun Penyaluran DAK Fisik berdasarkan PMK 130/2019 yaitu: Tahap 1. paling cepat bulan Februari dan Paling Lambat bulan Juli, dengan penerimaan Dokumen persyaratan penyaluran paling lambat tanggal 21 Juli. Tahap 2. paling cepat bulan April dan paling lambat bulan Oktober , dengan ketentuan penerimaan Dokumen persyaratan penyaluran paling lambat tanggal 21 Oktober. Tahap 3 paling cepat bulan September dan paling lambat bulan Desember, dengan ketentuan penerimaan Dokumen persyaratan penyaluran paling lambat tanggal 15 Desember.

Adapun penghentian Penyaluran DAK Fisik terjadi diantaranya apabila: Kepala Daerah tidak menyampaikan Dokumen persyaratan penyaluran DAK Fisik secara bertahap dan/atau melampaui batas waktu penyampaian Dokumen persyaratan penyaluran. Dalam hal DAK Fisik per jenis per bidang atau Subbidang tidak disalurkan seleruhnya atau disalurkan sebagian, pendanaan untuk penyelesaian kegiatan DAK Fisik atau kewajiban kepada pihak ketiga atas pelaksanaan  kegiatan DAK Fisik menjadi tanggung  jawab Pemerintahan Daerah.

Untuk persiapan perencanaan DAK Fisik tahun 2021, agar seluruh perangkat daerah menyiapkan data teknis Readines Criteria dan kelengkapan usulan lainya. Pada persiapan perencanaan DAK Fisik tahun 2021 permasalahan yang banyak muncul adalah ketersediaan Lahan dan Sertifikasi lahan, agar Perangkat dDerah segera berkoordinasi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Bidang Aset  BPKAD.]]

Berita Lain

Rapat Paripurna
  • Rabu, 02 September 2020
  • 13

Rapat Paripurna

Persetujuan dan Penandatanganan Kesepakatan Bersama KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2021

Selengkapnya