Berita Detail

Sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah ( SIPD )

Sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah ( SIPD )

  • Kurniawan
  • Rabu, 28 Agustus 2019
  • 37

-Berita Kegiatan Bappeda

 

     Pada hari Rabu,21 Agustus 2019 bertempat di Aula Sunset Beach Hotel Walur, Bappeda Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan  Sosialisasi Informasi Pembangunan Daerah ( SIPD ). Kegiatan ini  dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pesisir Barat, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Penelitian Pengembangan dan Pengendalian Bappeda Kabupaten Pesisir Barat, Rena Novasri, SH, MM. Dalam Sambutan Kepala Bappeda yang dibacakan Kepala Bidang Litbang dan Pengendalian, menyampaikan data sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan, baik sebagai dasar perencanaan, pengendalian dan evaluasi . Dengan data yang baik yang akan dapat diproyesikan kondisi dan situasi yang dicita-citakan. Di samping dapat juga ditetapkan  target kinerja sebagai  patokan pelaksanaan pembangunan. Hanya data yang berkualitas yang dapat digunakan sebagai bahan dasar perencanaan, yaitu dapat diandalkan dan bermanfaat, data harus tepat waktu dan relavan, dapat menggambarkan kondisi yang sebenarnya. Dan SIPD dikembangkan oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah, khususnya menu e-database sebagai aplikasi pengelolaan data yang dapat digunakan sebgai data dasar dalam penyusunan dokumen perencanaan ,baik limhkup OPD maupun Kabupaten.

 

Sebagai Narasumber Ibu Ir. Sri Nurmaria, M.EP, Kasi Pengelolaan Data A Spasial UPTB Pengelolaan Data Perencanaan Bappeda Provinsi Lampung , Menyampaikan materi tentang "Peran SIPD dalam Proses Perencanaan Pembangunan Daerah" , dalam kesempatan ini lebih dititikberatkan pada Menu e-database, dimana dipaparkan alasan-alasan kenapa diperlukan sebuah sistem yang dapat menunjang dalam pengelolaan data di daerah dalam upaya mendukung penyusunan dokumen perencanaan pembangunan di daerah, baik pada level OPD maupun kabupaten. Hal ini disebakan manajemen pengelolaan daerah yang masih belum ideal, seperti data yang belum lengkap, ketidakserasian data, data tidak akurat , data tidak up-date, koordinasi antar stakeholder yang belum baik. untuk itu dibangunlah SIPD sebagai salah satu solusi dalam pengelolaan data didaerah, dimana ke depan akan dikembangkan juga menu e-planing , e-monev, dan e-reporting didalam aplikasi SIPD.

 

Sedangkan Narasumber kedua Bapak Rio Oktano, S.Si, Staf Seksi Pengelolaan Data A Spasial UPTB Pengelolaan Perencanaan Bappeda Provinsi Lampung, menyampaikan materi Teknis Aplikasi SIPD dimana para peserta Sosialisasi  Sosialisasi dibimbing untuk melakukan proses pengelolaan dan penginputan data kedalam aplikasi e-database SIPD.

Berita Lain